Selasa, 14 Juni 2011

fotosintesis

ACARA 7
FOTOSINTESIS
Pelaksanaan Praktikum
Tujuan praktikum : Mengetahui adanya proses fotosintesis pada tumbuhan.
Hari, tanggal praktikum : Rabu, 8 Desember 2010.
Tempat praktikum : Laboratorium Botani FKIP Universitas Mataram.
Landasan Teori
Fotosintesis berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti perubahan dari zat anorganik menjadi organik. Oleh karena itu, fotosintesis adalah suatu peristiwa perubahan zat-zat anorganik menjadi zat organic dan dibantu sinar matahari (Nuryani, 1995 : 79).
Semua bagian yang berwarna hijau pada tumbuhan, termasuk batang hijau dan buah yang belum matang, juga memiliki kloroplas, tetapi daun merupakan tempat utama berlangsungnya fotosintesis pada sebagian besar tumbuhan. Warna daun berasal dari klorofil, pigmen warna hijau yang terdapat kloroplas. Energi yang diserap klorofil inilah yang menggerakkan sintesis molekul makanan dalam kloroplas. Karbondioksida masuk ke daun, dan oksigen keluar melalui mikroskopis yang disebut stomata. Air yang diserap oleh akar dialirkan ke daun melalui berkas pembuluh (Campbell, 2000 : 183).
Aktivitas kehidupan di biosfer ini pada dasarnya digerakkan oleh tenaga dari cahaya matahari. Untuk dapat digunakan sebagai tenaga penggerak aktivitas seluruh kehidupan organisme hidup, tenaga cahaya matahari harus diubah menjadi tenaga kimia terlebih dahulu. Dengan demikian proses fotosintesis itu terdiri atas reaksi pengubahan tenaga cahaya matahari menjadi tenaga kimia dalam bentuk ATP dan NADPH + H+ (reaksi terang), serta reaksi pembentukan karbohidrat, dengan menggunakan ATP dan NADPH + H+ tersebut. Reaksi fotosintesi secara sederhana yaitu (Nasir, 1993 : 53).
6CO2 + 6H2O (cahaya matahari)/klorofil C6H12O6 + 6O2 .

Alat dan Bahan
Alat
Gelas beker
Corong
Tabung reaksi
Stopwatch
Bahan
Air
Tanaman air Hydrilla verticillata
Cara Kerja
Merangkai alat seperti pada gambar,
Menempatkannya di tempat yang terkena cahaya matahari (terang) dan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari (gelap),
Menghitung jumlah gelembung yang muncul tiap 5 menit selama 30 menit,
Membandingkan jumlah gelembung dari gelas beker yand diletakkan di tempat terang dengan gelas beker yang diletakkan di tempat gelap.
Hasil Pengamatan
terlampir
Pembahasan
Fotosintesis adalah reaksi pengubahan zat anorganik (air, karbondioksida) menjadi zat organik (amilum) oleh klorofil dengan pertolongan cahaya (terutama cahaya matahari). Fotosintesis dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi gelap adalah rangkaian reaksi yang tidak memerlukan cahaya, sedangkan reaksi terang adalah reaksi yang memerlukan cahaya untuk rangkaian reaksi fotosintesis.
Pada pengamatan fotosintesis menggunakan tumbuhan air Hydrilla verticillata, dilakukan dua percobaan yaitu dengan meletakkannya di tempat terang dan di tempat gelap. Pada percobaan di tempat terang, jumlah gelembung udara yang dihasilkan di tempat terang menandakan bahwa proses fotosintesis terjadi dengan cepat jika dibandingkan dengan di tempat gelap. Hal ini dikarenakan klorofil menyerap cahaya matahari, intensitas cahaya yang cukup membantu dalam reaksi fotolisis air, sehingga menghasilkan oksigen.
Berdasarkan tabel dan grafik, jumlah gelembung tiap satuan waktunya berbeda, kenaikan jumlah gelembung tiap menitnya juga berbeda. Karena dalam fotosintesis ini mengikuti hukum minimum, yaitu kenaikan minimum factor-faktor yang mempengaruhi laju fotosintesis akan menaikkan laju fotosintesis sampai di titik optimum (jenuh).

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarkan tujuan dan hasil pengamatan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut :
Fotosintesis adalah reaksi pengubahan zat anorganik menjadi zat organik oleh klorofil dengan pertolongan cahaya,
Kegiatan fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan ditandai dengan adanya gelembung udara yang berupa oksigen,
Faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah cahaya matahari, suhu, klorofil, dan ketersediaan H2O dan CO2,
Pada tumbuhan yang mendapat intensitas cahaya yang cukup atau banyak, laju fotosintesis menjadi cepat, dan
Pada tumbuhan yang tidak mendapat cahaya, laju fotosintesis menjadi lambat (tidak terjadi fotosintesis sama sekali).
Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar