Selasa, 14 Juni 2011

pertumbuhan dan perkembangan janin

KATA PENGANTAR
Puji syukur kita haturkan atas kehadiran allah SWT yang tlah memberikan kita berbagai macam nikmat diantaranya nikmat sehat dan sempat karena dengan nikmat tersebut kita bisa menyelesaikan tugas makalah ini.
Shalawat serta salam kepada junjungan nabi besar kita\Muhammad SAW yang telah menentukan kita dari alam jahiliah sampai kealam terang benderang disinari cahaya ilmu seperti saat sekarang ini.
Dalam pembuatan makalah Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Didalam Rahim ini saya mengakui masih banyak kekurangan didalamnya sehingga saya mengharap kritik dan saran dari pembaca yang dapat membangun sehingga makalah ini menjadi lebih baik.
Terimakasih saya ucapkan kepada dosen yang telah membimbing saya dalam proses pembuatan makalah ini.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua Amin.











i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................................i
DAFTAR ISI.....................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................1
A.Latar Belakang..................................................................................................................1
B. Tujuan...............................................................................................................................1
BAB II LANDASAN TEORI................................................................................................2
BAB III PEMBAHASAN.................................................................................................. ..9
BAAB IV PENUTUP.............................................................................................................21
Kesimpulan............................................................................................................................21
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................22











i
BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Untuk terjadinya kehamilan harus ada spermatozoa dan ovum. Setiap spermatozoa terdiri dari tiga bagian yaitu kaput atau kepala yang berbentuk lonjong atau gepeng dan mengandung bahan nukleus, ekor dan bagian yang silindrik (leher) menghubungkan kepala dengan ekor.Dengan getaran ekornya spermatozoa dapat bergerak cepat.
Dalam pertumbuhan embrional spermatogonium berasal dari sel-sel prinitif tubulus-tubulus testis. Setelah janin dilahirkan jumlah spermatogonium yang ada tidak mengalami perubahan sampai mengalami pubertas tiba. Pada masa pubertas sel-sel spermatogonium tersebut dalam pengaruh sel-sel interstial leydig mulai aktif melakukan mitosis dan terjadilah proses spermatogenesis yang sangat kompleks. Setiap spermatogonium membelah dua dan menghasilkan spermatosit skunder, kemudian spermatosit skunder membelah lagi dan menghasilkan dua spermatid yang memiliki jumlah kromosom setengah dari jumlah yang khas untuk jenis itu. Dari spermatid ini tumbuh spermatozoa.
Pertumbuhan embrional oogonium yang tidak menjadi ovum terjadi genetalriddge janin dan didalam janin jumlah oogonium bertambah terus sampai pada usia kehamilan 6 bulan. Pada waktu dilahirkan bayi mempunyai sekurang-kurangnya 750 oogonium, jumlah ini berkurang akibat pertumbuhan dan negenasi polikel-polikel anak berumur 6-15 tahun ditemukan 439.000 oogonium dan pada umur 16-25 tahun . Hanya 34.000oogonium . Pada masa monopause semua oogonium menghilang.
Sebelum janin dilahirkan, sebagian besar oogonium mengalami perubahan-perubahan pada nukleusnya. Terjadi pula migrasi dari oogonium ke arah korteks ovarium sehingga pada waktu dilahirkan korteks ovarium terisi dengan polikel ovarium primordial. Primordial dapat dilihat bahwa kromosomnya telah berpasangan, DNA-nya berduplikasi,yang berarti bahwa sel menjadi tetraploid.
1.2 Tujuan
Untuk memahami proses petumbuhan dan perkembangan janin didalam rahim.
1
BAB II
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN JANIN
DIDALAM RAHIM
A.Landasan Teori
Proses perkembangan embrio didalam rahim adalah sebagai berikut telur yang telah dibuahi oleh sperma membentuk zigot.Kemudian zigot digerakkan oleh silia oviduk menuju keuterus.Setelah 24 jam,terjadilah pembelahan sel(cleavage).Pembelahan ini terjadi saat telur yang dibuahi berjalan dari oviduk keuterus yang memakan waktu 3 sampai 5 hari.
Sel telur yang sudah dibuahi tadi akan mengalami pembelahan menjadi 2 sel, 4 sel,8 sel,16 sel dan akhirnya akan menjadi satu kelompok sel baru yang merupakan suatu benda bulat seperti buah murbei yang disebut stadum atau pase morula. Morula kemudian membentukbola berongga ,bentuk ini di sebut blastosit.
Blastosit akan berdiferensiasi menjadi 3 bagian yaitu
a.sel-sel terluar disebut tropoblas
b.sel-sel bagian dalam disebut embriblas
c.Rongga berisi cairan disebut blastosol.
Proses peanmenanamkan diri dirubahan morula menjadi blastosit disebut blastula.Blastosit kemudian turun keuterus diendometrium atau melakukan implantasi.Implantasi-implantasi terjadi pada hari ketujuh atau hari kedelapan.Implantasi terjadi karna sel tropoblas mengeluarkan enzim proteolitik.Selanjutnya embriioblas membelah diri sehingga menjadi sekelompok sel yang sedikit menonjol yang diberi nama bintik benih.
Sel-sel lapisan troblas mengeluarkan macam cairan sehingga antara troblas dan bintik benih terpisah.Antara keduanya terbentuk ruangan yang berisi caran yang makin lama semakin luas.akan etapi antara bintik benh dan tropoblas masih berhubungan pada suatu tempat yang dinamakan selom(coelom).Stadium atau pase ini dinamakan pase blastula.
2
Setelah terjadi blastula maka stadium selanjutnya adalah stadium gastrula. Distadium ini bentuk benih mengalami pertumbuhan sel yang berbeda-beda dan membagi diri menjadi beberapa sel-sel yang berlainan sifatnya.lapisan-lapisan itu antara lain ektoderma (lapisan luar) yang dekat dengan tropoblas,lapisan endoderma (lapisan dalam) yang lebih sedikit menonjol kedalam ruangan eksoselom,dan mesoderma (lapisan tengah).
Saat embrio tumbuh,endoderma berkembang menjadi batas epithelium gastrointestinum,alat pernapasan,dan sejumlahorgan.Mesoderma membentuk peritoneum , otot , tulang dan jaringan ikat lain.Ektoderma membentuk kulit dan system syaraf.
2.Pembentukan membran embrio
Selama priode embrionik ,membrane embrio terbentuk .Membran-membran ini berada diluar embrio dan berfungsi melindungi dan member makanan embrio.Membran-membran tersebut adalahkantong kuning telur,amnion,korion,dan alantois.
a.Kantong kuning telur
kantong ini adalah membran yang dibatasi endoderma.pada beberapa spesies ,kantong kuning telur
berfungsi menyediakan nutrisi utama bagi embrio.Pada manusia , kantong ini menyediakan tempat mula-mula bagi pembenntukan darah.kantong kuning telur juga mengandung sel-sel yang akan berkembang menjadi spermatogonium atau oogonium setelah bayi dewasa.
b.Amnion
amnion merupakan membran pelindung yang tebal .saat embrio tumbuh ,amnion menyelubungi embrio dan membentuk ruang yang berisi cairan amnion.cairan amnion berfunsi melindungi embrio dari gesekan dan membantu regulasi suhu tubuh embrio.
c.Korion
Korion merupakan drivat dari ektoderma dan mesoderma tropoblas.Korion menjadi bagian utama plasenta.Korion ini menyelubungi amnion dan kantong kuning telur.

3
d.Alantois
alantois merupakan membran vascular kecil yang merupakan tempat mula-mula pembetukan darah.Fungsi alantois adalah untuk respirasi, saluran makanan dan ekresi.
Pada minggu ke empat,akan terbentuk dua buah lubang pada wajah pada janin.Jantung mulai berfungsi dan berdetak,memompa darah ke seluruh bagian tubuh janin.Sel-sel mulai membentuk cikal bakal organ seperti cikal bakal ginjal,rahang bawah,tulang-tulang leher,wajah tangan,serta kaki.Pada akhir minggu keempat,ukuran janin yang terbentuk 1000 kali lebih besar dari pada sel telur yang di buahi.
a.Trimester pertama
Pada bulan pertama ini,ibu hamil harus menjaga janin sebaik mungkin.Janin yang masih dalam proses pembentukan awal memiliki kondisi yang lemah.Karna itu,masa ini di sebut masa kritis.Pada masa kritis ini sebaiknya ibu menjaga fisik dengan baik dan jangan sampai kelelahan.Selain itu, ibu juga harus menjaga emosi dan jangan sampai mengalami strees.Jangan pernah memukul bagian perut secara lembut,apalagi keras.Makan -makanan bergizi,dan mulai lah berkonsultasi dangan dokter kandungan ataupun bidan.
Perubahan emosi yang labil sudah mulai terlihat.Calon ibu kadang merasa marah/bahagia/sedih secara tiba-tiba tanpa alas an jelas.Lingkungan sekitar ibu hamil sebaik nya memahami dan mengerti kondisi ini.Buat lah kondisi yang nyaman bagi ibu hamil,dan jangan sampai kondisi emosional ibu yang labil menjadi semakin buruk.
Bulan ke-2
Pada minggu kelima,benjolan dan kaki janin mulai terlihat.Sebagian sel benjolan pada bagian tangan janin akan mengalami ke matian.sehingga akan membentuk jari-jari tangan.Pada masa ini jantung janin telah berdetak sendiri,dan plasenta dan tali pusar telah bekerja sepenuh nya.Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk dan system syaraf mulai berkembang.Ukuran janin saat ini sebesar buah biji apel.
Pada minggu ke enam,kepala,ekor,tangan dan anggota badan lainya masih tampak seperti benjolan.Pembentukan awal dari hati,paru-paru,kelenjar tiroid,dan jantung terus berlangsung.
4
Pada minggu ketujuh,jantung sudah terbentuk lebih sempurna.Untuk pertama kali nya,syaraf dan otot mulai bekerja bersamaan.Janin sudah dapat bergerak secara refleks dan spontan,namun ibu belim merasakan gerakan ini.Bagian hidung,bibir,lidah dan gigi mulai terbentuk,begitu pula cikal bakal mata yang terlihat berwarna hitam tanpak kelopak.
Pada minggu kedelapan,lengan dan kaki jajin sudah terbagi menjadi bagian-bagian paha,kaki,tangan, lengan dan bahu.Organ reproduksi mulut terbentuk,dan tulang mulai mengganti kan kartilago.Telinga luar sudah terbentuksempurna dan mata membentuk pigmen.Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama yang teratur.Pada akhir minggu ini,janin sudah mampu mendengar.


Pergerakan pertama janin dapat dideteksi melalui USG.Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata serta bibir bagian atas terbentuk.Jaringan kulit,kelenjar kringat,dan kelenjar minyak mulai terbentuk,Jantung berdetak dengan frekuensi 120 kali/menit.Rongga mulut,cikal bakal gigi dan lidah,alat kelamin,serta sel-sel pembentuk bulu mata mulai berkembang.Seluruh organ internal janinsudah terbentuk.Panjang janin saat ini hampir 25mm.
Bulan ke-3
Pada minggu kesembilan ,mulut dan hidung janin sudah terlihat dengan jelas .Tunggu dan tangan terus tumbuh.Janin sudah bisa membuka lai berlatih melakukan gerakan menelan dan menghisap.Pada minggu ini janin memiliki panjang sekitar 39mm.
Pada minggu kesepuluh,diafragma memisahkan jantumg dan paru-paru dari perut.Otak berkembang cepat sehingga proposi kepala lebih besar dari pada tubuh.Otot leher janin dan kuku jari tangan nya sudah terbentuk.Janin sudah mampu menekuk tangan nya menjadi setengah kepalan.
Pada minggu kesebelas,organ seks bagian luar sudah terbentuk,juga folikel-folikel rambut dan gigi.Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing).Janin sudah mampu bergerak memutar walaupun tidak dapat dirasakan
5
oleh si ibu.Mata sudah terbuat lengkap,jari tangan dan kaki tumbuh,meskipun belum di satuka oleh jaringan kulit.
Pada minggu keduabelas,seluruh organ vital bayi sudah terbuat.Ukuran janin saat ini sekitar 8 cm.Dengn sinyal dari otot,otot akan merespon dan bayi sudah dapat menendang.
Janin usia tiga bulan akan sering mengalami ceguka,yang normol terjadi.Cegukan terjadi dengan frekuensi hingga 90 kali cegukan dalam satu jam.Cegukan pada janin berfungsi untuk memperkuat otot-otok pada bagian organ pernapasan.



b.Trimester kedua
Bulan ke-4
Retina,kornea,iris(selaput pelangi),serta lensa mata sudah dapat berfungsi.Janin mampu mengidapkan mata dan peka terhadap cahaya.Tumbuhan kembang janin di dukung oleh plasenta,yang menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal makanan,pembuangan sisa metabolisme,serta menyaring zat-zat berbahaya.kulit,otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya.Pada masa ini,janin telah mampu merasakan dekat jantung ibunya.
Pada minggu ke-14,janin sudah terbentuk sempurna.Denyut jantung sudah dapat didengar melalui fetoskop.Pada minggu ke-16 panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat.ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut.Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya.Pada minggu ke-17,janin sudah bisa menghisap jempol.
Bulan ke-5
Pada bulan ini janin mulai bisa mengenali lingkungan sekitarya.janinpun mulai bisa merasakan sensasi.Pada usia lima bulan,janin memiliki panjang badan 25 cm.
6
Bulan ke-6
Janin masih sangat kecil.Garis-garis sudah tampak pada telapak tangan dan ujung-ujung jarinya.Sistem pendengaran mulai berkembang walau belum sepenuhnya berfungsi.Panjang janin 33 cm dan beratnya 570 kg.
Walau system organ belum berfungsi sepenuhnya,namun janin mampu mendengarkan suara dari luar.Si ibu dapat merasakan bagian-bagin tubuh bayi yang berlainandengan menyentuh dinding perutnya.
Bulan ke-7
Pembuluh darah kapiler dibawah jaringan kulit janin mulai dialiri darah.Permukaan kulit yang tadinya keriput perlahan-perlahan menjadi semakin halus dan licin.Mata telah terbentuk sempurna.

c.Trimester ketiga
Kepala janin menjadi lebih kecil ketimbang tubuhnya(kepala telah proposional dengan ukuran tubuh).Lemak mulai menumpuk ,dan sebuah zat lemak yang disebut verinik menutupi kulit janin,sehingga janin tidak basah didalam cairan amnionnya dan tubuhnya merasa hangat.fungsi otak janin sudah mulai merkembang dengan pesat.perlu di ketahui otak manusia akan mengalami masa keemasa pada saat bayi berusia 7bln dalam kandunga sehinnga berusia 5thn.panjang janin pada ke tujuh ini adalah sekitar 37cm.bulan kedelapan semua indra pada janin sudah mulai berfungsi.gerak-gerakan mulai terasa dengan jelas.janin sudah telah trbtuk sempurna danpo sisi kepla sudah berada di bwh.paru-paru nya sudah sempurna dan plasenta sudh mencapai kematangan.pada janin sekitar 45-50cm dan berat nya 1,6kg.pada saat ini janin sudah mulai mempelajari bahasa yang sederhana,yaitu suara sang ibu dan orang-orang sekitar nya.
Pada akhir bulan ke delapan,aktipitas janin sudah mulai menyesuaikn dengan aktifitas ibunya.janin aka baynak aktifitas pada siang hari, pada malam hari janin akan beristirahat.
Bulan ke-9
7
Gerakan-gerakan pada bulan ini karna ruangan dalam rahim semakin menyempit.namun pukulan tangan dan tendangan kaki nya masih kuat di rasakan.panjang janin pada saat ini sekitar 51cm.pada janin laki-laki,buah plirnya sudah turu dan dapat di raba dari luar.
Pada masa akhir dalam kandungan kandungan ibu memberikan zat anti bodi pada bayi nya,namun anti bodi hanya bertahan kurang lebih 6bln.
Proses penulangan atau(osifikasi)pada tengkorak janin belum sepenuh nya mengkeras.pada minggu terakhir kehamilan,di dalam saluran pencernaan janin terdapat kotoran pertama yang berwarna hijau tua.















8
BAB III
PEMBAHASAN
Sesuai dengan buku-buku yang telah saya baca,proses perkembangan embrio didalam rahim adalah merupakan hasil telur yang telah dibuahi oleh sperma membentuk zigot.kemudian zigot digerakan oleh silia oviduk menuju ke uterus.Setelah 24 jam,terjadilah pembelahan sel , dimana pembelahan ini terjadi ketika ketika telur yang telah dibuahi tadi berjalan dari oviduk keuterus memakan waktu3-5 hari,sael telur tadi akan mengalami pembelahan 2 sel,4 sel, 8 sel, 16 sel, smpai terbentuknya morula. Dimana morula akan terus membelah sampai terbentuknya blastosit,tahap ini dinamakan blastula dengan rongga didalamnya disebut blastocoels atau blastosol. Blastosit terdiri dari sel-sel bagian luar dan sel-sel bagian dalam.
Secaa umum,perkembangan janin dibedaka menjadi tiga trimester.Penggunaan istilah trimester,merujuk pada pembagian pertiga bulan.Trimester satu adalah bulan ke-1,2,3.Trimester dua adalah bulan ke-4,5,6.dan trimester tiga adalah bulan ke-7,8 dan 9 masa kehamilan.
1.Trimester pertama
Perkembangan janin pada minggu pertama,terjada pembuahan sel telur oleh sperma,bersamaan dengan itu,kadar hormonestrogen dan progesteronterus meningkat,yang menimbulkan perubahan-perubahan dalam struktur dan metabolism tubuh ibu untuk mendukung dan menumbuhkan janin.
Pada minggu kedua ,sel telulur yang sudah dibuahi akan bergerak menuju rahim.Dalam perjalanan dari ovarium menuju kerahim,sel telur ini akan terus membelah diri membentuk suatu massa sel yang disebut blastosit,setelah tiba dirahim blastosis akan menempel(implantasi) didinding endometrium(rahim).Dengan berakhirnya minggu ini,ibu tidak akan mendapatkan haid.Pada minggu ini juga terjadi perdarahan,yang kebanyakkan perempuan yang mengartikannya darah haid.Perdarahan yang terjadi adalah dampak dari implantasi sel telur dari dinding rahim.
Pada minggu ketiga kehamilan , bagian embrio yang tidak melekat pada rahim akan tumbuh.
9
Tulang belakang,tulang iga,tulang ekor dan system saraf pusat mulai terbentuk.Begitu juga jantung dan jaringan pembuluh darah .
Pada minggu keempat akan terbentukdua buah lubang pada wajah janin.Lubang ini akan terisi oleh mata pada minggu keenam.Jantung mulai berfungsi berdetak,memompakan darah keseluruh bagian tubuh janin,sel-sel mulai membentuk cikal bakal organ seperti cikal bakal ginjal,rahang bawah ,tulang leher,wajah,tangan serta kaki.

Pada akhir minggu keempat ukuran janin yang terbentuk 1000 kali lebih besar dari telur yang dibuahi.Pada minggu pertama ini ibu harus menjaga janin sebaik mungkin karna pada proses pembentukan awal memiliki kondisi yang lemah,perubahan emosi yang labil yang mulai terlihat.Buatlah kondisi yang nyaman bagi ibu hamil,dan jangan sampai kondisi emosional ibu yang labil semakin memburuk.
Pada minggu kelima benjolan tangan dan kaki janin mulai terlihat.sebagian sel pada benjolan tangan akan mengalami kematian sehingga akan membentuk jari-jari tangan.Pada masa ini jantung janin sudah mulai berdetak sendiri,dan plasenta dan tali pusar sudah mulai bekerja sepenuhnya.Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk dan system syaraf mulai berkembang.Ukuran janin pada masa ini sebesar biji buah apel.
Pada minggu keenam,kepala,ekor,tangan dan anggota badan lainnya masih tampak seperti benjolan.Pembentukan awal dari hati,pancreas,paru-paru,kelenjar tiroid,dan jantung terus berlangsung.
Pada minggu ketujuh,jantung sudah terbentuk lebih sempurna.untuk pertama kalinya,syaraf dan otot mulai bekerja bersamaan.janin sudah dapat bergerak secara refleks dan spontan,namun ibu masih belum bisa merasakan gerakan ini .Bagian hidung,lidah,bibir dan mulai terbentuk, begitu pula cikal bakal mata yang terlihat bewarna hitam tanpa kelopak.sedangkan pada minggu kedelpan,lengan dan kaki janin sudah terbagi menjadi bagin-bagian paha,kaki,tangan,lengan dan bahu.Organ refroduksi mulai terbentuk , dan tulan mulai menggantikan katilago.Telinga luar sudah terbentuk sempurna dan mata terbentuk pigmen.Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama yang teratur.pada akhir minggu ini janin sudah bisa mendengarkan.
10
Pergerakan pertama janin dapat dideteksi melalui USG .
Pada miggu ini ,perut dan rongga dada masih terpisah dan otot mata serta bibir bagian atas terbentuk.Jaringan kulit,jaringan keringat,dan kelenjar minyak mulai terbentuk.Jantung berdetak dengan frekuensi 120 kali/menit.Rongga mulut,cikal bakal gigi dan lidah,alat kelamin dan sel-sel pembentuk bulu mata mulai berkembang.Seluruh organ internaljanin sudah terbentuk.Panjang janin saat inihampir 25 mm.
Mulut dan hidung sudah terlihat dengan jelas pada minggu kesembilan,selain itu tungkai dan lengan terus tumbuh.janin sudah bisa membuka dan menutup mulutnya,dan ia mulai berlatih melakukan gerakan menelan dan menghisap.pada minggu ini janin memiliki panjang sekitar 39 mm.
Pada minggu kesepuluh,difragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut.Jnin telah mampu menekuk tangannya menjadi setengah kepalan.Otak berkembang cepat sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh,sedangkan otot leher janin dan kuku jari tangannya sudah terbentuk.Pada minggu kesebelas,organ seks bagian luar sudah terbentuk,juga folikel-folikel rambut dan gigi.bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing).Janin sudah mampu bergerak memutar walaupun tidak dapat dirasakan oleh ibu.Mata sudah terbentuk lengkap,jari tangan dan kaki tumbuh,meskipun belum disatukan oleh jaringan kulit.
Seluruh organ vital bayi sudah terbentuk,pada minggu kedua belas.Dengan sinyal dari otak,otot akan merespon dan bayi sudah dapat menendang.Janin pada usia tiga bulan akan sering mengalami cegukan,yang normal terjadi.Cegukan terjadi dengan frekuensi hingga 90 kali cegukan dalam satu jam.Cegukan pada janin berfungsi untuk memperkuat otot-otot pada bagian organ pernapasan.





11
2.Trimester kedua
Retina,kornea,iris (selaput pelangi),serta lensa mata sudah dapat berfungsi.Janin mampu mengedipkan mata dan peka terhadap cahaya.

Tumbuh kembang janin didukung oleh plasenta,yang menghubugkan antara ibu dan janin dalam hal makanan ,pembuangan sisa metabolism,serta menyaring zat-zat berbahaya.kulit,otot dan anggota tubuhnya telah terbentuk dan berada pada posisinya.Pada masa ini janin telah mampu merasakan detak jantungnya.Denyut jantung janin sudah dapat didengar melalui fetoskop.
Pertumbuhan janin leih terfokus pada ukuran ketimbang kompleksitasnya,dan janin sudah terbentuk pada minggu ke empat belas.sedangkan pada minggu keenam belas panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerak-gerakannya lebih kuat.Ibu sudah dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan cara meraba-raba perutnya.Rambut halus tumbuh diseluruh permukaan tubuh janin,yang disebut lanugo.Plasenta terbentuk dan berfungsisepenuhnya dan panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram.

Janin sudah bisa menghisap jempolnya pada minggu ke tujuh belas,sementara itu pada bulan kelima ,janin mulai bisa mengenali lingkungan sekitarnya.Janinpun sudah bisa merasakan berbagai sensasi,alis mata dan rabut halus dikulit kepala mulai tumbuh ,yang terlihat transparan belum memiliki pigmen.Rambut halus ini bersifat sementara karna 2 minggu setelah lahir,rambut-rambut ini akan rontok.
Jadwal kegiatan janin relatip teratur karna pada pagi hari hingga menjelang sore hari,janin akan beristirahat.Karna itu pada rentang waktu ini,janin melakukan gerakan yang relative sedikit,pada malam hari,janin beraktifitas aktif,sehingga kadang mengganggu kegiatan tidur ibu.pada usia lima bulan janin memiki panjang 25 cm.
Pada usia enam minggu janin kelihatan sangat kecil,dimana garis-garis sudah tampak pada pada telapak tangan dan ujung-ujung jarinya,system pendengaran mulai berkembang walau belum sepenuhnya berfungsi.
12
Proses pembentukan tulang mulai berlanjut ,sehingga tulang janin semakin kuat.
Panjang janin 33 cm dan beratnya 570 gram.Janin sudah tidak bisa bergerak leluasa,karna seluruh ruangan dalam rahim telah terisi/penuh.
Janin akan berada Pada posisi merengkuk,dengan tangan didepan dagu dan kaki didepan dagu dan kaki didepan dada.
Walau system organ belum berfungsi sepenuhnya,namun janin belum mampu mendengarkan suara-suara dari luar,dan mampu merasakan apa yang dirasakan ibu.Bila ibu merasa stress,cemas,sedih,kesal atau bahagia,janin akan merasakan hal yang sama.Kondisi ini disebabkan hormo adrenalin yang diproduksi ibu dapat menembus plasenta sehingga mempengaruhi kondisi emosi bayi.Dimana ibu juga dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayiyang berlainan dengan menyentuh dinding perutnya.Otot rahim ibu meregang dan kadang ibu merasakan sakit dibagian perut.

3.Trimester ketiga

Pada bulan ketujuh ,Pembuluh darah kapiler dibawah jaringan kulit janin mulai dialiri darah .Permukaan kulit yang tadinya keriput perlahan-lahan menjadi semain halus dan licin.Mata telah terbentuk sempurna,begitu pula telinga yang telah mampu mendengarkan.
Kepala janin menjadi lebih kecil ketimbang tubuhnya (kepala telah proforsional dengan ukuran tubuh).Lemak mulai menumpuk,dan sebuah zat lemak yang disebut vernix menutupi kulit janin,sehingga janin tidak basah didalam cairan amnionnya dan tubuhnya merasa hangat .
Fungsi otak janin sudah mulai berkembang dengan sangat pesat.permukaan otak mulai berkerut-kerut,yang berguna bagi perkembangan selanjutnya.Sekitar 5 hari setelah proses pengerutan dimulai,sel-sel syaraf akan dilapisi oleh lapisan lemak yang membuat proses penyampaian rangsangan dari ujung-ujung sel syaraf menjadi lebih cepat,mudah,dan lebih efisien.Perlu diketahui,otak manusia akan mengalami masa keemasan pada saat bayi berusia tujuh bulan dalam kandungan hingga berusia 5 tahun.
13
Panjang janin pada bulan ketujuh ini adalah sekitar 37 cm.
Sementara pada bulan kedelapan , semua indra pada janin sudah mulai berfungsi .Gerakan-gerakan janin mulai terasa dengan jelas .Janin telah terbentuk sempurna dan posisi kepala berada dibawah(cephalic).Paru-parunya sudah sempurna dan plasenta mencapai kematangan.Panjang janin saat ini sekitar 45-50 cm dan beratnya 1,6 kg.
.Dengan panjang tersebut,wajar jika kantung ketuban (amnion) mulai terasa sempit.cairan amnion akan mencapai volume optimal,dan kemudian akan mengalami pengurangan.Saat janin mencapai usia 33 minggu,kuku jari tangannya akan mulai tumbuh , kelopak mata yang telah dapat membuka dan menutup sudah ditumbuhi bulu mata.Oksigen yang dibutuhkan janin masih display oleh ibu,karna janin belum mampu bernapas dengan sempurna(paru-paru dan ginjal belum berfungsi sempurna )
Pada massa ini, janin sudah mulai mempelajari bahasa yang sempurna, yaitu suara sang ibu dan orang-orang sekitarnya.Jika ibu sering membacakan cerita bagi janinnya, maka setelah lahir,si bayi akan mudah terlelap jika dibacakan cerita yang sama sebagai pengantar tidur.Pada bulan ini, perkembangan otak janin terus berkembang pesat,dan fungsi otak dalam menghantarkan syaraf semakin baik.
Pada akhir bulan kedelapan,aktivitas janin sudah mulai menyesuaikan dengan aktivitas ibunya. Janin akan lebih banyak beraktivitas pada siang hari, dan pada siang hari ia akan beristirahat.Sedangkan pada bulan kesembilan,gerakan-gerakannya pada bulan ini menurun karna ruangan dalam rahim semakin menyempit.Namun pukulan tangan dan tendangan kakinya masih kuat dirasakan,panjang janin pada saat ini sekitar 51 cm.Pada janin laki-laki,buah pelirnya sudah turun dan dapat diraba dari luar.
Selaput pelangi mata janin kini berwarna biru, dan kuku-kuku jarinya sudah tumbuh sampai ujung jari. Sewaktu-waktu ia dapat turun kerongga pinggul ibu.Kulitnya sekarang sudah halus dan tubuhnya montok. Jika ia bangun, Matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara gelap dan terang.Pada masa akhir dalam kandungan, ibu memberikan zat antibody kepada bayinya,nmun antibody ini hanya bisa bertahan kurang lebih 6 bulan.Proses penulangan (osifikasi)pada tengkoraknya janin belum sepenuhnya mengeras.Setelah bayi dilahirkan,pada ubun-ubunnya dapat dirasakan adanya ruang pemisah antar lempeng tulang.
14
Pada minggu terakhir kehamilan,didalam saluran pencernaan janin terdapat kotoran pertama yang berwarna hijau tua.Kotoran ini merupakan hasil sisa metabolism hati,pankreasdan kandung kemih janin,kotoran ini akan hilang sendirinya setelah bayi lahir.Berikut adalah table perkembangan janin.
Bulan Panjang dan berat Perkembangan janin
1 0,6 cm Tulang belakang dan saluran tulang belakang terbentuk.Calon tangan dan kaki muncul,jantung berbentuk dan mulai berdetak.
2 3 cm dan I g Mata muncul dan berjauhan letaknya,hidung pipih,penulangan mulai terjadi.Tubuh mulai ada, kaki tangan,dan jari jemari terbentuk sempurna.Pembuluh utama terbentuk,berbagai dalam organ berkembang,
3 7,5 cm dan 28 gr Mata berkembang sempurna,tetapi kelopak mata masih menyatu dengan mata, hidung membentuk jalur, dan telinga luar muncul.Anggota gerak terbentuk sempurna dan kuku mulai berkembang.Detak jantung sudah bisa dideteksi.
4
18 cm dan 113 gr Proporsi kepala lebih besar dri tubuh.Wajahnya mulai berbentuk manusia dan rambut kepala tumbuh.Kulit berwarna merah mudaterang.beberapa tulang mengeras dan tulang terbentuk.
5 25-30 cm dan 227-254 gr Proporsisi kepala lebih besar dan tubuh.Rambut-rambut halus (lanugo) menyelubungi tubuh.Kulit bewarna merah muda terang.
6 27-35 cm dan 567-871 gr Kepala agak proporsional.Kulit keriput dan bewarna merah muda
7 32-42 cm dan .1135-1362 gr Kepala dan tubuh lebih proporsional.Kulit merah keriput.
Pada bulan kedelapan,panjangnya 41-45 cm dan beratnya 2.043 dan 2.270 gr, sedangkan perkembangan janinnya berupa lemak subkutan mengendap,testis turun ke skrotum,tulang
15
kepala lunak dan keriput kulit berkurang.
Sedangkan pada bulan kesembilan panjang dan beratnya sekitar 50 cm dan 3.178 ,perkembangan janinnya meliputi endapan lemak subkutan bertambah,lanugo mengelupas dan kuku tumbuh diujung jari.

• Nutrisi intrauterine
Pertumbuhan janin ditentukan sejumlah faktor genetic dan lingkungan.Faktor lingkungan yang penting adalah perfusi plasenta dan fungsi plasenta.Faktor gizi ibu bukan faktor terpenting , kecuali pada saat starvasi hebat . gangguan gizi menahan dapat menyebabkan terjadi anemia dan BBLR-berat badan lahir rendah.
Energi yang diproleh janin dipergunakan untuk pertumbuhan dan terutama berasal dari glukosa.
Kelebihan pasokan karbohidrat dikonversi ini terus meningkat sampai aterm.Sejak kehamilan 30 minggu, hepar menjadi lebih efisien dan mampu melakukan konversi glukosa menjadi glikogen yang ditimbun diotot jantung otot gerak dan plasenta.
Pada saat lahir,terjadi mekanisme adaptasi berbagai struktur janin.Diantaranya,paru-paru yang semula kolaps karna belum terisi udara,sejak lahir menjadi mengembang karna terisi udara pernapasan.Berbagai strutur dalam system kardiovaskuler menutup.Sejak tali pusat diputuskan,sirkulasi feto-maternal melalui plasenta dan pembuluh umbilikalisterputus,dan bayi terpisah dari sirkulasi ibunya.
Tanda –tanda akan terjadi kelahiran yang harus diketahui oleh seorang ibu.Timbulnya kontraksi rahim untuk mendorong anak kelua Misalnya seorang istri akan merasakan kontraksi rahim yang mnyebabkan rasa nyeri.Kontraksi ini akan berlangsung hilang timbul, dan semakin lama menjadi semakin kuat dan semakin sering. Lama kontraksi biasanya berkisar antara 45 sampai dengan 75 detik. Pada r permulaan persalinan, kontraksi timbul sekali setiap 10 menit.Sedangkan saat pembukaan jalan lahir sudah lengkap hingga lahirnya sang anak, rahim seorang istri akanberkontraksi setiap 2 menit.
16
Tujuan dari kontraksi rahim ini adalah untuk membuka jalan lahir,sehingga diharapkan kelahiran bayi akan berjalan dengan lancar.Keluarnyacairandalam jumlah banyak Dari jalan lahir.
Cairan yang keluar dalam jumlah banyak dari jalan lahir/lubang kemaluan menjelang kelahiran seorang anak,biasanya adalah cairan ketuban.
Pada umumnya,pristiwa pecahnya ketuban disertai dengan kontraksi rahim yang telah disebutkan sebelumnya.Sebenarnya ketuban baru diharapkan pecah pada saat pembukaan jalan lahir sudah lengkap.Pada kenyataannya,sering kali ditemukan selaput ketuban telah pecah sebelum terjadinya pembukaan jalan lahir secara lengkap.

Apabila anda dan pasangan anda datang kedokter setelah terjadinya pengeluaran cairan dalam jumlah banyak dari jalan lahir,biasanya dokter akan memeriksa lagi benar tidaknya cairan yang keluaradalah cairan ketuban.Hal ini dilakukan dengan menempelkan kertas lakmus pada caiaran dalam jalan lahir sang ibu.Apabila warna kertas lakmus menjadi biru,maka dapat disimpulkan bahwa ketuban sang ibu telah pecah.Perubahan warna iniberkaitan dengan sifat kimiawi cairan ketuban,yang memiliki pH bersifat basa.
Apabila sang ibu mengalami tanda-tanda akn lahirnya seorang anakseperi yang telah disebutkan diatas,maka tentulah tindakan selanjutnya yang paling tepat adalah segera mencari pertolongan dan mengantarkan sang istri kepasilitas yang memadai untuk persalinan.
Selain membantu proses pembukaan jalan lahir hingga lengkap,ketuban juga berperan penting dalam menyokong hidup bayi dalam kandungan.hingga saat ini,terdapat beberapa fungsi vital dari ketuban saat bayi berada dalam rahim,antara lain :
a. ketuban memungkinkan bayi bergerak dan tumbuh dengan bebas.Hal ini sangat penting,karna seandainya tidak ada ketuban,maka pertubuhan bayi akan terganggu akibat tekanan organ tubuh sekitar rahim.
b. untuk melindungi bayi dari benturan-benturan yang berasal dari luar tubuh ibu sebaiknya ibupun terlindungi dari gerakan-gerakan bayi .

17
c. .Mempertahankan suhu yang tetap bagi bayi.kita menyadari cairan ketuban bagi sang ibu.
Pada saat melahirkan atau persalinan terjadi dua pristiwa yang merubah hemodinamika janin.
1. Ligatasi tali pusar yang mengakibatkan kenaikan tekanan arterial
2. Kenaikan kadar CO2 dan penurunan PO2 yang mengakibatkan awal pernapasan janin
Setelah beberapa tarikan napas,tekanan intrathoracal neonates masih rendah
(-40 sampai -50 mmHg);Setelah jalan napas berkembang, tekanan meningkat kearah nilai dewasa yaitu -7 sampai -8 mmHg.
Tekanan vascular dalam paru-paru yang semula tinggiterus menurun sampai 75-80%.Tekanan dalam arteripulmonalis menurun sampai 50% saat tekanan atrium kiri meningkat dua kali lipat.
Sirkulasi neonates menjadi sempurna setelah penutupan duktus arteriosusdan voramen ovale berlangsung, namun proses penyesuian terus berlangsung sampai 1-2 bulan kemudian.

Fase Ekstrauteri
Duktus anteriosus umumnya mengalami obliterasi pada awal priode post natal sebagai refleks adanya kenaikan oksigen dan prostaglandin.
Bila duktus tetap terbuka, akan terdengar bising crescendo yang berkurang saat Diaostik (“machinery murmur”) yang terdengar diatas celah intercosta ke II kiri.
Obliterasi foramen ovale biasanya berlangsungdalam 6-8 minggu . Foramen ovake tetap ada pada beberapa individu tanpa menimbulkan gejala.Obliterasi duktus vinosus dari hepar kevena cava menyisakan ligamentum venosum.Sisa penutupan vena umblikalis menjadi ligamentum teres hepatis
18
Hemodinamika orang dewasa normal berbeda dengan janin baru lahir dalam hal:
1.darah vena dan arteri tidak bercampur dalam atrium.
2.Vena kava hanya membara darah interdeoksigenasi menuju ke atrium kanan.dan selanjutnya menuju ke pentrikel kanan dank e mudian memompa darah ke dalam arteri polmolaris dan kapiler baru.
3.Aorta hanya membawa darah yg teroksignasi dari jantung kiri melalui vena polmonalis untuk selanjut nya distribusikan keseluruh tubuh janin.















19

Conclusion
From discussion result that I have made, I can conclude that process depelopment embryo insides uterus egg that result by sperm will from zygote, where does egg cell that result will exprience cleavage two cells, four cells, eight cells, and final we be one new group that is called morula, morula then to form hollow ball that is called blastosit, then blastosit will go to uterus and embedded self in wall endometrium or do implantasi. Growth process and this development then to perform and bloom insides uterus, month long depelopment and heavy petus then increase, besides other organs then formed until perfect.
According to general, fetus development is divided to be three trimester that is trimester first, second and third.


DAFTAR PUSTAKA

1.Indiarti,MT.2006.Panduan lengkap Kehamilan,Persalinan, dan Perawatan Bayi.Yogyakarta: Diglossia Media.
2. Oswari.2004.Perawatan ibu hamil dan bayi.Jakarta: Pustaka Sinar HarapanStoppar
3. Mirriam (2004).Panduan mempersiapkan Kehamilan dan Kelahiran(penerjemah,Agung prihantoro).Yogyakarta:Pustaka Pelajar
4.Westheimer,Ruth K & Grunebaum,Amos.(2000).Mengkreasi Kehamilan dan menjaga kasih saying bersama Dr.Ruth(penerjemah,Eri D.Nasution).Jakarta:PT.Raja Grapindo Persada.
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&0p=viewarticle&artid=7
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=17

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar